Penyebab Nyeri Haid Berlebihan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Haid Berlebihan Dan Cara Mengatasinya ,- Nyeri haid yang umumnya dirasakan wanita saat awal masa datang bulan, pada beberapa wanita mungkin rasa nyeri pada bagian bawah perut nya tidak begitu terasa sehingga bisa beraktivitas seperti biasanya. Tetapi ada pula wanita yang merasakan nyeri berlebihan saat awal datang bulan hingga tidak mampu melakukan aktivitasnya. Mengapa demikian ?? Berikut penjelasannya.

Dalam istilah medis nyeri haid sering disebut Dysmenorrhea yaitu suatu kondisi medis nyeri saat menstruasi yang mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti yang didefinisikan oleh ACOG dan lain-lain. Namun, dismenore sering didefinisikan nyeri hanya sebagai menstruasi, atau setidaknya haid nyeri yang berlebihan.
Nyeri haid sering digunakan secara sinonim dengan kram menstruasi, tetapi yang terakhir juga dapat merujuk kepada menstruasi kontraksi rahim , yang umumnya dari kekuatan yang lebih tinggi, durasi dan frekuensi daripada di sisa siklus menstruasi.

Dismenore dapat memiliki berbagai jenis rasa sakit, termasuk yang tajam, berdenyut, kusam, memuakkan, membakar, atau linu. Dysmenorrhea bisa mendahului menstruasi dengan beberapa hari atau mungkin menyertainya, dan biasanya berkurang sebagai menstruasi berangsur-angsur berkurang. Dysmenorrhea bisa hidup berdampingan dengan berlebihan berat darah kerugian, yang dikenal sebagai menorrhagia .

Penyebab Nyeri Haid Berlebihan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Haid Berlebihan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Haid Berlebih :

  1. Terjadinya kontraksi rahim atau iskemia otot rahim
  2. Faktor hormonal
  3. Fsikis atau kecemasan berlebihan
  4. Tumor jinak berkembang di dinding rahim
  5. Penggunaan alat kontrasepsi di dalam rahim ( dikenal dengan istilah KB )
  6. Radang panggul

 Keluhan nyeri haid bisa ringan sampai berat dan berubah keluhan keseluruh tubuh, antara lain:
– Muntah dan mual
– Rasa capek/letih
– Sakit daerah bawah pinggang
– Perasaan cemas dan tegang
– Pusing kepala dan bingung
– Diare

Cara mengatasi nyeri haid berlebihan :

  • Olahraga dan melakukan latihan peregangan sekitar otot-otot ligamen sekitar rongga panggul dapat melancarkan aliran darah di rongga panggul
  • Pemberian hormon untuk menghambat pelepasan telur dari indung telur seperti pil KB
  • Kelainan dalam rongga panggul perlu di perbaiki jika perlu, misalnya : lubang saluran leher rahim yang terlalu sempit bisa di lebarkan, posisi rahim yang tidak normal dibetulkan dengan pessarium. Peradangan rongga panggul diberi antibiotik.
  • Tindakan Operatif berupa Karetase, pemotongan saraf daerah panggul (presacralroctomy). Ini juga dapat untuk menghilangkan Jaringan Fibroid dalam rahim, Eudometriosis, dll.
  • Solusi pengobatan herbal
  • Asupan nutrisi seimbang akan mengatasi hal tersebut
  • Hindari minuman keras dan merokok

Itulah sedikit ulasan mengenai Penyebab Nyeri Haid Berlebihan Dan Cara Mengatasinya.

Semoga Bermanfaat,, Salam Sehat 🙂

by : benjolankecildileher.web.id

Penyebab Nyeri Haid Berlebihan Dan Cara Mengatasinya